Akses Jembatan Menuju Candi Puthok Ghong Mulai Digarap




KEDIRI,DAMARPANULUHNUSANTARA.COM - Dalam rangka pelestarian Cagar Budaya  peninggalan bersejarah di Candi Puthok Ghong yang terletak di area persawahan Dusun Bumirejo Desa Krecek Kecamatan Badas Kabupaten Kediri Jawa Timur , puluhan komunitas di Kediri menggelar Baksos Pembuatan Akses Jembatan untuk menuju ke area Candi.

Pembuatan akses jembatan tersebut diupayakan guna menjadikan Candi Puthok Ghong sebagai bagian dari destinasi wisata di Kabupaten Kediri.

Komunitas Penyelamat dan Pelestari Benda Cagar Budaya Damar Panuluh Nusantara bersama Pemilik Lahan Candi Dwi Peni Muafatin dibantu beberapa Komunitas Kediri serta TNI ,Kasun Bumirejo dan juga Kokam langsung bergegas membuat akses jembatan itu dibuat dari bambu yang arahnya akan dilewatkan melalui persawahan  Dusun Bumirejo.

Akses jembatan bambu ini akan segera rampung dikerjakan supaya bisa segera dilalui oleh para pengunjung yang penasaran ingin melihat Candi Puthok Ghong diarea persawahan tersebut.

Dengan adanya akses jembatan bambu ini nanti , akan mempermudah para pengunjung yang ingin melihat maupun berwisata religi masuk diarea Candi Puthok Ghong tersebut.


Kurang lebih ukuran panjang jembatan  bambu ini mencapai 10 meter lebih dengan lebar 1 meter dan dengan ketinggian hampir 5 meter dari permukaan sungai.

Pembuatan akses jembatan bambu itu dibantu oleh Babinsa Desa Krecek ,Ketua Kosti Kabupaten Kediri dan Kawan Kawan dan  Perwakilan Kokam Kecamatan Badas.

Jembatan bambu ini akan dibuat cukup sederhana dan alami dengan diapit oleh dua pohon Mahoni dan pohon Durian, jadi selain untuk akses jalan  juga bisa dimanfaatkan untuk ajang selfi bagi pengunjung.



Dilokasi Baksos pembuatan akses jembatan bambu ,berbagai inisiatif muncul di pikiran masing masing komunitas ,Babinsa Desa Krecek dari Koramil 0809/11 Pare Kodim Kediri Sertu Gatot Santoso misalnya ,Ia memberikan gagasan yang bagus akan desain jembatan tersebut  bisa terlihat unik nan indah.

Selain itu ,anggota ini juga terlihat sangat semangat dan antusias saat membatu penebangan bambu,  Sejak pertama kali ditemukannya Candi Puthok Ghong ia terlihat sangat antusias dan rela membantu tenaga sewaktu waktu jika dibutuhkan ,ini dilakukan untuk mengabdi kepada masyarakat.

Tidak kalah ketinggalan, Ketua Kosti Kabupaten Kediri Muji Harjito dan kawan kawan jauh jauh dari Kecamatan Pagu  juga sangat antusias jika akses jembatan menuju Candi Puthok Ghong bisa segera dibuat.

Ia berharap kerja bakti pembuatan jembatan bambu menuju Candi Puthok Ghong pada hari ini bisa segera rampung dan dapat digunakan para pengunjung masuk ke area candi .


Sementara perwakilan Kokam Muhammadiah Desa Krecek Bapak Amin dan Kasun Bumirejo juga sangat respont terhadap pembuatan akses jalan menuju Candi Puthok Ghong . karena  selain akses untuk wisatawan juga bisa membantu para petani untuk mengangkut hasil panenannya lebih dekat ke jalan. (har/rianto)

Post a Comment

1 Comments