Situs Bioro Desa Kandangan Mulai Diperhatikan Sebagai Tempat Wisata Religi



KEDIRI, DAMARPANULUHNUSANTARA - Tidak jauh dari lokasi Museum Mini Mpu Bahula dan Diah Ratna Mangali Kampoeng Sentanan Ds Tunglur Kecamatan Badas diarah bagian timur tepatnya di Ds Kandangan Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri terdapat sebuah situs bersejarah yang merupakan tinggalan nenek moyang pada Era Kediri yaitu Situs Bioro, warga setempat menyebutnya dengan sebutan Situs Mbah Genthong atau Mbah Ranu karena itu satu satunya tempat keramat yang dipercayai oleh warga Ds Kandangan Kabupaten Kediri.

Situs Bioro /Mbah Genthong/Mbah Ranu ini fisiknya berupa benda kuno bersejarah atau benda cagar budaya  berupa artefak batu kuno. Wujud artefak ini berupa Genthong yang terbuat dari batu yang didalamnya terdapat air, selanjutnya batu datar berukuran besar yang diduga digunakan sebagai tempat ramuan /peracikan ramuan obat obatan, dan sebuah batu berdiri berelif atau prasasti.


Ketiga peninggalan artefak  kuno tersebut berada diarea pemakaman umum Dusun Bioro Desa Kandangan, namun sayangnya situs tersebut kurang diperhatikan sehingga terlihat kotor.

Tim Damar Panuluh Nusantara ketiga kali nya ini mengunjungi lokasi Situs tersebut, mengajak warga sekitar dan berkordinasi dengan perangkat Dusun dan Desa serta aparat TNI Koramil Kandangan untuk bersama sama merawat tinggalan warisan leluhur itu, dan sepakat untuk dijadikan sebagai tempat kunjungan wisata religi dari berbagai pengunjung luar daerah, harapannya adalah dengan dirawat dan dilestarikannya Situs itu dapat berdampak pada kesejahteraan warga sekitar dan ini merupakan salah satu aset Desa yang perlu diangkat.

Rianto selaku tim Damar Panuluh Nusantara dilokasi situs tersebut memberikan pemaparan kepada warga yang saat itu sedang melaksanakan kerja bakti bersih bersih area situs. Pemaparan yang disampaikan itu diterima warga dan bahkan dalam hal ini perangkat Dusun dan Desa serta Koramil Kandangan juga ikut mendukung yang mana Situs Bioro ini harus segera dilakukan perawatan.

Salah satu upaya yang akan dilaksanakan segera adalah dengan membuat cungkup (tempat rumah untuk Situs Bioro) agar tidak terkena hujan atau panas. Selain itu para pengunjung nanti juga dapat melaksanakan kunjungan dengan aman dan nyaman.

Menurut warga dan PLT Kasun Bioro, Situs ini dulunya sering digunakan sebagai tempat meditasi spiritual ,ada yang mampercayai sebagai tempat mencari petunjuk sesuai keinginan pribadi.

Ditambahkan Rianto" Bahwa air yang berada didalam Genthong itu secara yakin tidak yakin siapapun pengunjung dapat menggunakan sebagai kebutuhan pribadi ,yang penting tujuan utamanya adalah dengan kita merawat tinggalan para leluhur dan melestarikannya itu sebagai wujud syukur kita kepada para leluhur yang telah berjasa pada anak cucu, termasuk kita, mari kita do'akan beliaunya insya Allah kita semua akan mendapatkan berkah disini khususnya dan ditempat tempat lainnya" pungkasnya. (DPN)

Post a Comment

0 Comments